POLI GIZI
POLI GIZI merupakan salah satu pelayanan yang ada di UPTD Puskesmas Sempol. Pelayanan gizi masyarakat adalah suatu kegiatan atau pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perorangan dan masyarakat, seperti perbaikan perilaku sadar gizi, pola konsumsi makanan, akses dan mutu pelayanan gizi dan kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Pelayanan gizi di puskesmas terdapat 2 macam kegiatan, yaitu di dalam gedung puskesmas/poli gizi dan diluar gedung puskesmas.
Pelayanan poli gizi umumnya bersifat individual meliputi pengkajian gizi, penentuan diagnosa gizi, intervensi gizi, monitoring dan evaluasi. Tujuan utama dari Poli Gizi adalah untuk meningkatkan kualitas gizi pasien sehingga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh mereka.
Langkah – langkah Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT)
1. Asesmen Gizi
Diagnosa gizi berbeda dengan diagnosa medis, diagnosa gizi lebih spesifik dan bersifat sementara sesuai respon pasien. Ahli gizi akan mengidentifikasi masalah gizi dan menentukan faktor penyebab yang mendasarinya serta menjelaskan tanda gejala yang menjadi landasan munculnya masalah gizi pada pasien.
Ahli gizi akan memberi intervensi atau tindakan sesuai dengan kebutuhan pasien. Intervensi yang diberikan diantaranya edukasi gizi (memberikan pengetahuan kepada pasien untuk mengelola atau memodifikasi pola makan dan perubahan perilaku untuk meningkatkan kesehatan), konseling gizi (kerja sama antara ahli gizi dan pasien untuk menentukan target dan merancang rencana dalam menjaga kesehatan sesuai kondisi) dan bisa jadi ada intervensi kolaborasi ahli gizi dengan tenaga kesehatan lain dalam mengelola masalah yang berkaitan dengan gizi.